Skip to main content

Langkah Merawat Bunga Kertas


5 Cara Mudah Merawat Bunga Kertas Agar Cepat Berbunga dan Lebat


Cara Merawat Bunga Kertas – Bunga kertas atau sering juga disebut bunga bougenville sebenarnya dapat tumbuh subur di mana saja. Hanya saja cara perawatannya akan berbeda-beda bergantung dari lokasi penanaman seperti di dataran tinggi atau dataran rendah, misalnya.
Bunga kertas memiliki corak warna yang sangat beragam dan akan berbunga pada saat musim kemarau tiba. Warna bunga kertas yang umum dan sering dijumpai di Indonesia yakni bunga kertas yang berwarna putih, kekuningan, serta merah jambu.
Bunga berupa semak dan perdu kecil yang terdiri dari 20 jenis tanaman ini diperkirakan berasal dari Amerika Tengah dan Selatan serta Mexico.


Morfologi atau Ciri-ciri Bunga Kertas

Ada baiknya sebelum tahu cara merawat bunga kertas yang baik dan benar, kita perlu mengetahui ciri-ciri fisik dari tanaman bunga cantik asal Meksiko ini. Secara umum morfologi tananaman bunga kertas adalah sebagai berikut:

Akar


cara merawat bunga kertas



Bunga kertas memiliki akar tunggang yang tumbuh vertikal, berserabut, dan ada akar cabang yang tumbuh melebat hingga mencapai kedalaman sekitar 50-80 cm.

Batang


cara merawat bunga kertas



Tanaman ini merupakan tanaman perdu tegak yang mampu tumbuh lurus hingga mencapai tinggi 2-4 meter. Batang bunga kertas bersifat kayu dan berwarna cokleat serta berbentuk bulat dengan duri-duri kecil. Percabangan tanaman bunga kertas adalah monopodial.

Daun


cara merawat bunga kertas



Berbentuk bulat melebar hingga memanjang dengan panjang sekitar 1-4 cm. Tepi daunnya merata dengan pertulangan menyirip bertulang tiga hingga lima bahkan lebih. Berwarna kehijauan muda hingga tua.

Bunga


cara merawat bunga kertas



Disebut bunga kertas karena mahkota bunga ini sangat tipis dan kaku seperti lembaran kertas. Bunga kertas merupakan bunga majemuk berbentuk seperti payung bersusun-susun dan muncul di bagian ketiak daun.
Termasuk dalam golongan bunga tidak lengkap karena bunga kertas hanya terdiri dari, tenda bunga, tangkai putik, tangkai kepala putik, tangkai sari, dan benang sari tanpa adanya serbuk sari.
Tenda bunga kertas memiliki bentuk tabung bersegi lima, berambut, berwarna hijau dengan panjang antara 1,5-2,5 cm. Bunga kertas tersusun dari 1-7 anak payung bertangkai, dan masing-masing dari anak payung biasanya terdiri dari 3 bunga.


Cara Merawat Bunga Kertas

Bunga kertas sebenarnya adalah bunga yang mudah dalam perawatannya, tidak seperti merawat bunga lavender yang sedikit lebih rumit. Namun, jika kita ingin membuatnya rajin berbunga maka perlu diperhatikan beberapa hal di bawah ini.
Selain perlu melakukan pemotongan dengan teknik tertentu, kita juga perlu mengetahui 5 cara mudah membuat bunga kertas rajin memekarkan bunga cantiknya.

1. Tanam di Media yang Tepat



pcwallart.com



Tumbuhan ini sangat suka dengan media tanam berpasir. Media tanam dengan pasir mempunyai pori-pori kecil yang berfungsi untuk melancarkan aliran udara serta sebagai drainase. Selain itu, pasir juga mampu menstabilkan kelembaban. Usahakan untuk menggunakan pasir malang. Tambahkan pasir ke dalam pot hingga memenuhi sepertiga tingga pot.

2. Letakkan di Tempat yang Penuh Cahaya Matahari



cara merawat bunga kertas

 

Bunga kertas merupakan jenis bunga yang memerlukan cahaya matahari selama satu hari penuh bahkan saat terik sekalipun. Oleh karenanya, tanamlah bunga kertas di tempat terbuka yang pancaran cahaya mataharinya tidak terhalang oleh apapun.

3. Lakukan Penyiraman Sesuai Kondisi



cara merawat bunga kertas

 

Pertumbuhan bunga kertas sangat dipengaruhi oleh penyiraman yang teratur. Perlu diperhatikan bahwa ada masa dalam satu tahun, bunga kertas tidak memerlukan air. Umumnya masa itu disebut sebagai masa kering.
Masa ini dimulai ketika mulai munculnya satu atau dua buah kuncup bunga kertas dan biasanya terjadi selama tiga sampai empat hari. Kegunaan dari adanya masa kering ini adalah untuk menstimulasi pertumbuhan kuncup-kuncup tersebut.
Di masa kering inilah kita melakukan stress air kepada tanaman bunga kertas kita. Maksudnya adalah tanaman bunga kertas tidak kita siram selama beberapa hari dengan perhitungan tanaman tidak mati. Setelah perlakuan ini, kemungkinan daunnya akan rontok sebagian dan tanaman mulai mengeluarkan kuncup bunga.

4. Lakukan Pemangkasan Cabang dan Ranting



cara merawat bunga kertas



Pangkaslah ranting atau cabang bunga kertas secara teratur. Hal ini dilakukan untuk memberi kesempatan keduanya untuk tumbuh dan membuat bunga kertas tampak lebih subur dan terlihat cantik. Potong juga akarnya agar sesuai dengan volume pot tempat bunga kertas ditanam.
Selalu perhatikan faktor estetika ketika memangkas ranting atau cabang bunga kertas. Cukup potong bagian yang panjangnya berlebihan. Selain itu, jangan biarkan tanaman bunga kertas kita dipenuhi banyak dedaunan saja. Karena nutrisi yang diserap nanti akan terbagi-bagi ke daun dan munculnya kuncup bunga yang baru.

5. Tambahkan Pupuk dan Semprot Secukupnya



cara merawat bunga kertas



Bunga kertas sebenarnya tidak terlalu membutuhkan banyak pupuk. Akan tetapi, jika ingin memperoleh tanaman bunga kertas yang tumbuh lebih sehat, pemupukan bisa dilakukan secukupnya saja. Proses pemupukan pada bunga kertas dilakukan saat masa kering berlangsung.
Akan lebih baik jika pupuk yang digunakan adalah pupuk organik ataupun kompos, tentu dengan dosis yang sewajarnya. Hindari penggunaan pupuk kimia apalagi jika kita belum terlalu paham menggunakannya secara tepat.
Lakukan penyemprotan cairan anti hama agar bunga kertas terhindar dari serangan hama seperti ulat ataupun serangga yang berpotensi merusak penampilan bunga kertas.

Comments

Popular posts from this blog

Teknik Pemangkasan : Bunga Kertas

BUNGA KERTAS: TEKNIK PEMANGKASAN Bunga Kertas (Bougainvillea) tergolong sebagai pokok serba boleh.  Ia mudah mengeluarkan bunga dan mempunyai pelbagai ukuran.  Ia juga sesuai ditanam sebagai penutup bumi, rimbun, pagaran, berkelompok, bonsai, topiari dan espeliar.  Bunga kertas di bahagikan kepada tiga jenis spesies, iaitu Bougainvillea spectabilis, Bougainvillea glabra dan Bougainvillea peruviana.  Ada juga jenis lain yang berasal daripada kacukan (hybrid) atau, mutation. BOUGAINVILLEA SPECTABILIS Jenis menjalar, duri kasar dan dahan tidak berbulu.  Bunganya indah berwarna merah dan ungu.  Pengeluaran bunga bermusim. Cabang dahan rapat dan pendek.  Kanopi padat dan berjambak di hujung (terminal). BOUGAINVILLEA GLABRA Jenis memanjat, melampai dan berduri kecil serta pendek.  Cabang dahan rapat dan pendek.  Berbunga sepanjang masa pada seluruhn dahan.  Bunganya tajam (Pointed), tiga segi dan pelbagai ukuran berwarna putih, merah mawar serta ungu. BOUGAINVILLE

Bunga Kertas – Pengertian, Klasifikasi Dan Jenis-Jenis Bunga Kertas

Bunga Kertas – Pengertian, Klasifikasi Dan Jenis-Jenis Bunga Kertas Bunga Kertas  atau  Bunga Bougenville  atau  Bugenvil  ( Bougainvillea ) adalah salah satu tanaman bunga hias yang termasuk dalam famili  Nyctaginaceae . Tanaman bunga ini berasal dari Amerika Selatan. Tanaman bunga ini memiliki bentuk pohon yang kecil dan susah untuk tumbuh tegak.  Spatha  atau selundang bunga pada tanaman bunga ini memilii ukuran yang cukup besar yang tumbuh menyelumbungi seluruh bagian bunga majemuk sebelum mekar. Spata tersebut berukuran tipis dan memiliki ciri seperti kertas, warna bunganya beragam ada putih, merah muda, kuning,dan lain-lain. Batang bunga ini memiliki duri yang tajam dan bercabang. Klasifikasi ilmiah Bunga Kertas (Bougenville) Kerajaan:  Plantae Divisi:  Magnoliophyta Kelas:  Magnoliopsida Ordo:  Caryophyllales Famili:  Nyctaginaceae Genus:  Bougainvillea Spesies: Bougainvillea buttiana Bougainvillea glabra Bougainvillea peruviana Bougainvillea spectabilis Bougainvill

Ajinomoto sebagai Baja

SEMBURAN MSG MENINGKATKAN KESUBURAN TANAH Asid glutamik bebas  terdapat banyak dalam aditif makanan. Bahasa terkenalahnya adalah  MSG  ( monosodium glutamate ). MSG dikatakan sebagai salah satu penyedap rasa yang kelima. Tapi di sini bukanlah saya nak bercerita tentang kesedapan perasa MSG. Masih tertakluk kepada cerita tanaman. Hal ini berkaitan penggunaan MSG sebagai salah satu penggalak tanaman. Penggalak tanaman berfungsi memberi ‘ booster ‘ kesuburan pokok selepas baja. Cuma ada satu isu berkenaan MSG yang berlegar di ruang Internet yang perlu kita ketahui. Penggalak Tanaman – AuxiGro Pada tahun 1998, sebuah syarikat Amerika telah mengeluarkan sebuah produk pertanian berasaskan MSG ( monosodium glutamate ) sebagai bahan utama. Produk itu dinamakan  AuxiGro  dan dilabelkan sebagai ‘plant booster’ (penggalak tanaman). Tumbuhan yang disembur AuxiGro  akan membesar dua hingga lima kali ganda berbanding tumbuhan yang tidak disembur AuxiGro . MSG dalam AuxiGro menj